Makna dan Keutamaan Bismillah dalam Al Quran

Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim.
Bacaan bismillah memiliki makna yang dasyat sebagai awal di balik semua ciptaanya. Bismillah dalam Al Fatihah sebagai Ummul Kitab dengan 7 ayat semuanya itu bila dihimpun adalah perwujudan dari Bismillah dengan 19 huruf.
Ada keunikan sebagaimana diungkap oleh Ilmuwan Rusia, angka 19 juga terkait jumlah huruf dalam Bismillahirrahmanirahim sebagai berikut:
Bismillah yang mengawali semua surat terdiri dari 19 huruf, Jumlah surat 114 merupakan kelipatan 19 (19×6) dan Angka 19 menggambarkan angka 1 sebagai awal dan 9 sebagai akhir, sebagai konsep awalin dan akhirin segala sesuatunya. Turunnya Bismilah itu adalah perwujudan rahmat Allah yang Mmaha Rahman dan Maha Rahim.
Keutamaan Bismillah banyak diriwayatkan diantaranya sabda Nabi: Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulianNya dan kebesaranNya bahwa menyebut namaNya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu (HR Ibnu Marwah).
Hadis selanjutnya, sabda Nabi SAW: Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga.
Karena itulah menjadi jelas dan dimana keutamaannya mengapa kemudian setiap orang yang akan memulai sesuatu sebaiknya diawali dengan membaca bismillah. 
 
Facebook Comments